Senin, 25 Agustus 2014

Roket dari Suriah dan Lebanon Mengguncang Israel

 Roket Suriah menghantam Dataran Tinggi Golan yang di duduki Israel

Pahamilah.com - "Setidaknya lima roket yang ditembakkan dari Suriah menghantam lokasi yang berbeda di seluruh Dataran Tinggi Golan," kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (24/8/14).

Seorang jurubicara militer mengatakan kepada AFP bahwa tidak diketahui siapa yang meluncurkan roket dan militer Israel tidak membalas tembakan.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam serangan, sekitar jam 01:30 pada hari Minggu, hari ke-48 dari serangan besar-besaran Israel di Gaza.

Bulan lalu sebuah roket dari Suriah diluncurkan sebagai membalas artileri Israel yang menyerang posisi tentara Suriah.

Beberapa insiden sebelumnya telah terjadi akibat tembakan yang menyimpang dari pertempuran antara pasukan tentara Suriah dan pasukan oposisi, yang berperang menghadapi Suriah yang menguasai Dataran Tinggi Golan.

Sabtu malam (24/8), sebuah roket ditembakkan dari Lebanon menghantam Israel utara. Tidak ada laporan kerusakan atau cedera, dan tak seorang pun mengaku bertanggung jawab atas peluncuran.

Sebuah sumber keamanan Lebanon mengatakan roket itu ditembakkan dari Dheira, tiga kilometer (hampir dua mil) dari perbatasan dengan Israel.

Sumber yang sama mencatat bahwa helikopter Israel terlihat terbang di sekitar daerah perbatasan.
Pada pertengahan Juli, sedikitnya sembilan roket ditembakkan dari Libanon ke Israel, mendorong Israel untuk membalas dengan tembakan artileri.

Para pejabat militer Libanon mengatakan mereka percaya bahwa serangan itu dilakukan oleh kelompok Palestina kecil dalam aksi solidaritas dengan warga Gaza.

Israel tidak membalas tembakan atas serangan Sabtu malam tapi mengirim "protes keras" kepada Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL), yang memantau perbatasan antara Lebanon dan Israel. (islamtimes/pahamilah)