Kamis, 16 Juli 2015

Hasil Sidang Isbat; Besok 1 Syawal 1436 H

 Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin 


JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, posisi hilal di Indonesia sudah sesuai dengan kriterian yang telah ditentukan. Ia menegaskan, informasi tentang posisi hilal di Pelabuha Ratu, Sukabumi, Jawa Barat sudah masuk ke dalam kriterian Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

"Informasi posisi hilal di Pelabuhan Ratu sudah masuk kriteria," ujar Lukman sebelum pembukaan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (16/7).

Artinya, 1 Syawal yang juga Hari Raya Idul Fitri 1436 H jatuh pada hari Jumat, (17/7). "Kalau melihat dari hasil pemantauan di Pelabuhan Ratu, maka itu berarti kita sudah masuk 1 Syawal," ungkap Lukman. Namun, tegas dia, data-data itu harus dikonfirmasikan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya memerlukan sidang isbat untuk memperoleh hasil akhir.

Pada sidang isbat, Lukman juga mengungkapkan, banyak undangan yang telah hadir. Menurutnya, anggota komisi 8, perwakilan negara-negara sahabat dan para ormas juga menghadirinya. (republika/pahamilah)