Senin, 14 Januari 2013

Munajat Sang Kunar

Ya Allah Tuhan yang menciptakan lagit dan bumi dan apa yang ada diantaranya; rekening dosaku begitu sangat banyak, ada rekening mata, telinga, jari, bahkan ujung rambut pun mempunyai rekening, semua anggota tubuh dari yang dikenal maupun yang belum kukenal memiliki pos sendiri-sendiri. - Dosaku tak terhitung,

Belum lagi khilaf salahku pada sesama; kepada kedua orangtua, mertua/mantan, pasangan hidup/mantan, sahabat, teman2 - baik yang kenal maupun yang belum sempat berjabat tangan - Dosaku tak terhitung.

Juga kepada makluk-MU yang lain; Tumbuhan dan hewan yang secara sengaja atau tidak telah aku aniaya - Dosaku tak terhitung.

Belum lagi kepada-MU wahai Sang Pemilik Ruh, tidak sedikit aku teledor menjalankan perintah-MU bahkan seringkali dalam khilaf aku lalai, dan lebih dari itu dalam sadar aku mengabaikan ketentuan-MU - Dosaku tak terhitung.

Begitu banyak hal dalam hidup ini yang harus dipertanggung jawabkan dihadapan-MU wahai Sang Peminta Pertanggung Jawaban - Dosaku tak terhitung.

Dengan apa dan seperti apa harus kupertanggung jawabkan? sebab dosaku melebihi buih lautan, apakah aku mampu untuk membela diri untuk bersilat lidah dihadapan-MU sedang kedua bibir dan lidah ini terkunci tanpa mampu berkata sedikit pun.

Hanya Engkau wahai Sang maha Mengetahui bahwa sesungguhnya dalam derai airmata hati - jiwaku selalu bersujud dihadapan kebesaran-MU ketika menjelang tidur, duduk, bahkan ketika berdiri selalu memohon ridho dan ampunan-MU.

Sesungguhnya hamba malu selalu merasa kurang lalu menengadahkan tangan dihadapan-MU, sebab tanpa aku minta pun sesunguhnya Engkau senantiasa memberi entah dalam hal ini atau itu, namun tiada tempat meminta kecuali hanya kepada-MU, Ya Allah hanya satu pintaku; bagaimanapun keadaan dan tingkah laku hambamu ini tetap izinkan kami untuk mengikrarkan "Lailahailallah Muhammad rosulullah" ketika ajal menjemput untuk memisahkan ruh dari jasad ini, amin

"Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin" (Ya Allah , kami telah mendholimi pada diri kami sendiri, jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi)