Rabu, 10 September 2014

AS Tutup Rekening Bank Nasabah Muslim

Bank of America, bukan untuk Muslim

Pahamilah.com - Bank di seluruh Amerika Serikat menutup rekening nasabah Muslim Amerika tanpa penjelasan apapun.

Puluhan bank di AS mengatakan, mereka menerima pemberitahuan yang mengatakan bahwa rekening bank mereka telah ditutup. Ini termasuk penutupan rekening pemilik bisnis, organisasi nirlaba, dan mahasiswa.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) percaya, langkah ini terkait dengan kebijakan rasis dan sudah mengajukan keluhan ke Departemen Kehakiman Amerika.

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman mengatakan, masalah ini mmerupakan masalah bagi regulator perbankan, termasuk Biro Perlindungan Keuangan Konsumen.

"Biro akan menangani secara serius tuduhan diskriminasi di pasar keuangan konsumen dan berkomitmen menjaga agar konsumen memiliki akses yang adil dan setara terhadap kredit," katanya sambil menambahkan, "Kita tidak bisa mengkonfirmasikan atau mengomentari apakah penyelidikan sedang berlangsung."

Nomor-nomor rekening yang ditutup tampaknya milik orang-orang yang berhubungan dengan orang-orang Kuwait dan Suriah.

The Los Angeles Times melaporkan bahwa seorang pengusaha Florida, yang baru saja membuka rekening baru di Chase Bank, menerima surat yang mengatakan kedua account pribadi dan bisnisnya ditutup.

"Menutup rekening saya tidak baik," kata Sofian Zakout pada Times. "Ini semacam prasangka yang tidak dapat diterima."

"Kami tidak pernah mengerti apa yang terjadi," kata Abdul Hyee Waqas, yang memiliki rekening di Bellevue, Washington pada Times. "Kami sudah menjadi pelanggan yang baik. Itu sangat menyedihkan."

Warga Muslim mendapat tekanan lebih di AS dalam beberapa tahun terakhir, seperti dimata-matai tanpa alasan. (islamtimes/pahamilah)