Rabu, 13 Mei 2015

Kapan Usia Terbaik Jadi Seorang Ibu?

Ibu dan Anak (Ilustrasi) 

Pahamilah.com -  Kapan usia terbaik untuk menjadi seorang ibu atau memiliki anak? Apakah ketika Anda lebih muda dengan kesuburan tinggi dan lebih banyak energi, atau ketika Anda lebih tua dengan lebih banyak pengalaman dan keamanan?

Ini adalah topik yang menjadi perdebatan panjang. Usia rata-rata seorang wanita memiliki bayi pertamanya di Australia pada tahun 2000 misalnya 27,3 tahun. Satu dari 10 wanita di Australia memiliki anak pertama pada usia 35 tahun.

Menurut medis, usia terbaik untuk wanita memiliki bayi adalah dua puluh tahunan, ketika wanita cenderung subur dan tak memiliki banyak komplikasi jika menjalani kehamilan.

Wanita hamil di usia tiga puluhan dalam banya kasus terjadi peningkatan peluang melahirkan kembar, namun juga mengalami preeklampsia, kelainan kromosom seperti down syndrom, dan melahirkan melalui operasi caesar.

Tanpa memandang usia, wanita bisa tetap hamil sehat jika memastikan mereka sendiri bugar dan sehat. Berhenti merokok, membatasi asupan alkohol, dan memastikan berat badan ideal, olah raga, serta makan makanan sehat.

Seorang ibu di Amerika, Alexa Aguilar memutuskan melahirkan anak pertama pada usia 20 tahun, kemudian melahirkan anak kedua dan ketiga saat usianya 32 dan 34 tahun. Aguilar mengaku dia mempunyai stamina kuat sebagai ibu muda.

"Ketika putri pertamaku tumbuh dewasa, anak kedua dan ketigaku bisa belajar mandiri dan independen," kata Aguilar, dilansir dari Mother and Baby, Rabu (13/5).

Menjadi seorang ibu untuk kedua dan ketiga kalinya diusia tiga puluhan, Aguilar mengklaim dirinya memiliki waktu yang baik antara pekerjaan dan pernikahannya. Dia bahkan menjadi seorang ibu neurotik yang terobsesi dengan perkembangan anak-anaknya. (republika/pahamilah)