Sabtu, 19 Juli 2014

Kad Ban Ho, Pasar Muslim 'Tersembunyi' di Chiang Mai Thailand


Tidak banyak yang tahu jika di sekitar daerah Chiang Mai, Thailand, ada sebuah pasar kecil yang khusus menjual makanan-makanan halal, namanya Pasar Kad Ban Ho. Beberapa penduduk yang tinggal di Chiang Mai sendiri bahkan tidak mengetahui keberadaan pasar tersebut.

Seperti dilansir dari Bangkok Post, Sabtu (19/7/2014), Pasar Kad Ban Ho memang tersembunyi. Terletak tepat di belakang bangunan rumah toko yang tinggi. Tembok tersebut seakan-akan memisahkan Pasar Kad Ban Ho dari dunia luar. Masjid Ban Ho dan menara kayu menambah keindahan pemandangan Pasar Kad Ban Ho.

Pedagang muslim di Pasar Kad Ban Ho berjejer di sepanjang jalan menawarkan berbagai jenis barang dagangan, seperti rempah-rempah, mie, bumbu dapur, sayur-sayuran, bahkan CD. Terlihat seorang pedagang menggoreng samosa, makanan khas Timur Tengah, sementara pedagang wanita menggunakan hijab menggoreng panekuk jagung.

“Saya telah tinggal di Chiang Mai bertahun-tahun tapi tidak pernah tahu ada tempat ini,” ucap seorang perempuan sambil berlalu.

Hal tersebut dapat dimaklumi karena letak Pasar Kad Ban Ho memang tersembunyi sehingga sulit untuk menemukannya. Selain itu, Pasar Kad Ban Ho baru dibangun kurang dari dua tahun yang lalu.

Nama Kad Ban Ho diambil dari komunitas muslim Cina dari Provinsi Yunnan, Cina. Beberapa tahun yang lalu, para pemuka agama Islam di Cina telah menjelajahi berbagai rute di antara Cina dan Kerajaan Lanna.

Komunitas Muslim Cina di Chiang Mai terbentuk sejak 80 tahun yang lalu. Keturunan Zheng Chong Ling, seorang penjelajah Cina yang menemukan Chiang Mai pada 1905, kini dikenal dengan nama Thailand, Wonglukiat.

Pasar Kad Ban Ho menawarkan berbagai jenis dagangan yang tidak tersedia di pasar biasa, seperti alpukat, ayam hitam, saus pasta khas Timur Tengah, rempah-rempah, dan daging kering.

Selain makanan halal, mereka juga menawarkan dagangan dari Cina dan Burma. Pasar ini dioperasikan oleh warga Cina yang tidak terlalu bisa berbicara bahasa Thailand. Salah satu alasan orang-orang mengunjungi pasar ini ialah untuk mencari makanan yang tidak bisa mereka temukan di tempat lain. (detik/pahamilah)