Senin, 04 Agustus 2014

CNN: "Serangan Gaza, Perang Gabungan Arab-Israel"

 Abdullah - Netanyahu, join anti Palestina

Pahamilah.com - Serangan di Jalur Gaza tak lain "perang gabungan Arab-Israel terhadap warga Palestina", CNN melaporkan.

Situs berita CNN mengutip pernyataan beberapa pengamat Timur Tengah, Ali Younes bahwa perang terbaru di Gaza "belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah konflik Arab-Israel."

"Sebagian besar negara-negara Arab secara aktif mendukung Israel menentang rakyat Palestina, tidak malu-malu melakukannya atau melakukannya diam-diam," ujar Younes.

Perang di Gaza adalah "Gabungan perang Israel-Arab yang terdiri dari Mesir, Yordania, Arab Saudi melawan Arab lainnya yaitu Palestina yang diwakili oleh Hamas," tambahnya.

Menurutnya, perang ini akan menghancurkan sistem aliansi Arab lama yang mendukung upaya Palestina mendirikan sebuah negara.

"Dari perspektif Mesir, Arab Saudi, Yordania, UEA dan beberapa negara Arab lain, apa yang dilakukan Perdana Menteri Israel adalah perang melawan Hamas atas nama mereka hingga mereka dapat menghancurkan benteng terakhir dari Ikhwanul Muslimin," Younes mencatat.

Sementara Arab Saudi "memimpin sebagian tugas" lewat penyediaan dana. "Mesir, Yordania, Arab Saudi dan UEA semua melihat kehancuran Hamas bermanfaat bagi keamanan internal serta stabilitas regional mereka. (islamtimes/pahamilah)