Senin, 18 Agustus 2014

Netanyahu Ancaman Kelangsungan Hidup Israel

Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Zionis Israel

Pahamilah.com - Seorang pengacara internasional Kanada mengatakan, kejahatan perang yang dilakukan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terhadap warga sipil Gaza berubah menjadi "ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup Israel."

William Schabas menyatakan hal ini di The Sunday sehari setelah dia terpilih memimpin komisi Dewan HAM PBB yang akan menyelidiki perang Israel di Jalur Gaza yang terkepung.

Dewan HAM PBB baru-baru ini mengutuk serangan Israel di Gaza sebagai tindakan non proporsional.

Ribuan orang Israel juga menggelar unjuk rasa di Tel Aviv untuk memprotes kebijakan gila perang Netanyahu. Mereka juga menyeru pengunduran diri Netanyahu sambil menuduhnya tidak becus menjaga keamanan di Israel dan menciptakan perdamaian dengan Palestina.

Para pengamat mengatakan, kejahatan Israel terhadap warga Gaza membuat Israel makin terisolasi di seluruh dunia.

Schabas juga mengatakan, masih ada jalur hukum bagi warga Palestina untuk menuntut  kejahatan perang Netanyahu di Gaza dalam Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Menteri Luar Negeri Palestina, Riad al-Malki baru-baru ini meminta PBB mengakhiri impunitas Israel dan menegaskan bahwa Tel Aviv harus bertanggung jawab atas kejahatannya di Gaza.

Agresi militer Israel telah merenggut nyawa 2.000 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, dan melukai lebih dari 10.200 orang di Gaza sejak agresi 8 Juli lalu. (islamtimes/pahamilah)