Rabu, 27 Agustus 2014

Palestina Rayakan Kemenangan terhadap Israel

Kemenangan Palestina

Pahamilah.com - Warga Gaza merayakan kemenangan setelah tujuh minggu melakukan perlawanan terhadap serangan Israel.

Pada hari Selasa (26/8/14), kelompok-kelompok Palestina dan mediator Mesir menegaskan bahwa pembicaraan damai di Kairo berakhir dengan gencatan senjata.

Warga Palestina turun ke jalan-jalan di Jalur Gaza untuk merayakan gencatan senjata yang ditengahi Mesir yang mulai berlaku pukul 16.00 GMT.

Jalanan dipenuhi warga dan kendaraan. Para sopir membunyikan klakson dan kerumunan warga meneriakkan slogan-slogan kemenangan.

Sesuai syarat gencatan senjata yang ditetapkan oleh perunding Palestina, blokade akan dihapus, penyeberangan antara Israel dan Gaza akan terbuka bahkan zona perikanan di wilayah Palestina juga akan melebar ke Mediterania.

Gerakan perlawanan Palestina Hamas mengatakan, kesepakatan itu merupakan kemenangan bagi seluruh warga Palestina.

"Hari ini kita mendeklarasikan kemenangan perlawanan, hari ini kita mendeklarasikan kemenangan Gaza," kata juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri.

Pesawat-pesawat tempur dan tank Israel mulai menggempur Gaza awal Juli lalu. Sekitar 2.139 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, termasuk wanita, anak-anak dan orang tua, tewas dalam 50 hari serangan Israel di Gaza. Sementara 11.000 lainnya terluka. (islamtimes/pahamilah)