Selasa, 19 Agustus 2014

Penjajah Israel Larang Amnesty dan HRW Masuk ke Gaza

Amnesty Internasional dan HRW

Pahamilah.com - Israel melarang perwakilan Amnesty International dan Human Rights Watch (HRW) memasuki Jalur Gaza yang terkepung untuk memulai investigasi mereka tentang serangan Israel di Gaza.

Media melaporkan hari Senin (18/8/14) bahwa kedua organisasi HAM itu sudah berusaha mendapatkan izin masuk Gaza sejak 7 Agustus lalu.

Dilaporkan, larangan tersebut muncul dengan alasan penyeberangan Erez yang dikuasai Israel telah ditutup dan kelompok itu tidak terdaftar sebagai organisasi bantuan kemanusiaan di Kementerian Sosial Israel.

Padahal,  Erez sempat dibuka dalam serangan mematikan Israel di Gaza yang dimulai 8 Juli lalu.

Amnestry Internasional meminta beberapa kementerian luar negeri Eropa untuk membicarakan masalah ini dengan diplomat Israel dan Kementerian Luar Negeri Israel.

Amnesty dan HRW berharap bisa mengirim peneliti ke Jalur Gaza bersama ahli senjata dan amunisi dengan latar belakang militer.

Sebelumnya, peneliti HRW dilarang memasuki Gaza lewat persimpangan Erez sejak tahun 2006. Sementara karyawan Amnesty dilarang sejak Juni 2012.

Setidaknya 2,016 warga Palestina, termasuk 540 anak-anak, tewas dan 10.193 lainnya terluka sejak serangan Israel bermula. (islamtimes/pahamilah)