Minggu, 17 Agustus 2014

Seniman Dunia Dukung Gaza


Pahamilah.com - Masyarakat yang masih punya nurani tidak akan tinggal diam menyaksikan pembantaian Israel di Gaza. Para seniman internasional, lewat karya mereka, berusaha memprotes kekejaman Israel.

Mereka memamerkan karya seni di Museem Mahmoud Darwish, Tepi Barat, dengan harapan masyarakat dunia segera bergerak menghentikan genosida di Gaza, membangkitkan kesadaran dan memberanikan artis untuk berpikir sedikit politis.

Karya seni ini berasal dari berbagai belahan dunia, termasuk Amerika, Eropa dan Amerika Latin. Ada karya seni yang dengan tragis menunjukkan seorang tentara Israel mengarahkan moncong senjatanya ke arah seorang anak Palestina yang malah menggunakan senjata sebagai instrumen musik. Ada pula seniman yang menggambarkan Gaza sebagai kolam renang berisi darah.

Salah satu kartunis, Khalil Abu arafeh mengatakan, "Saya melukis kartun ini di koran al-Quds di halaman opini pada 14 Juli tahun ini, setelah seruan warga Palestina di Gaza meminta  perlindungan pada PBB dari serangan dan bombardir Israel..."

Seniman lain dari Palestina mengatakan, "Tentu saja, partisipasi para kartunis sangat penting terkait ketidakadilan yang dihadapi warga Palestina, yang tidak punya senjata dan membutuhkan dukungan masyarakat internasional, khususnya karena mereka terus dibunuh secara massal dengan brutal oleh Israel."

Sejauh ini, hampir 2.000 warga Gaza tewas dan 10.200 lainnya terluka dalam serangan  Israel sejak 8 Juli lalu.

Kelompok-kelompok HAM menyebutkan, tentara Israel telah membunuh anak-anak dan remaja Gaza secara sistematis. (islamtimes/pahamilah)