Selasa, 30 September 2014

3 Serdadu Israel yang Bertempur di Gaza Bunuh Diri


Pahamilah.com - Tel Aviv, Tiga tentara elite Israel yang terlibat dalam perang 50 hari di Jalur Gaza bunuh diri akibat masalah psikologis.

Harian Maariv memberitakan ketiganya adalah anggota pasukan elite Brigade Golani. Mereka diterjunkan ke Jalur Gaza untuk menghadapi Hamas, dan menghancurkan tempat-tempat peluncuran roket.

Dua serdadu bunuh diri di dekat perbatasan Israel-Jalur Gaza. Lainnya bunuh diri di satu wilayah di tengah Israel.

Tidak ada informasi dengan cara apa ketiganya mengakhiri hidup. Maariv hanya memberitakan polisi militer masih menyelidiki motif bunuh diri ketiganya. Sedangkan militer Israel belum mengeluarkan pernyataan resmi.

Tahun 2013, delapan tentara Israel juga melakukan bunuh diri sepulang dari medan perang Jalur Gaza. Israel menutup rapat-rapat informasi di balik keputusan mereka bunuh diri.

Yang pasti, setiap kali perang di Jalur Gaza, Israel lebih banyak membunuh warga sipil. Terakhir, dalam perang 50 hari, Israel membunuh 2.130 warga sipil Palestina, dan melukai 11 ribu lainnya.

Pejabat kesehatan di Gaza mengatakan korban terbanyak adalah anak-anak dan wanita, masing-masing 578 dan 260. Israel, menurut pengakuan resmi Tel Aviv, kehilangan 70 serdadu.

Hamas mengatakan jumlah serdadu Israel yang tewas di Jalur Gaza lebih dari 150. (inilah/pahamilah)