middle ad

Ikan-ikan yang Mencari Samudera

(Foto : istimewa)

Pahamilah.com - Sekelompok ikan yang masih muda berkelana mencari samudera. Konon, menurut keyakinan mereka, kalau samudera ditemukan maka mereka mendapatkan kehidupan yang abadi, bahagia selamanya. Itu karena samudera merupakan tujuan hidup yang hakiki.

Begitu hebatnya samudera dalam pandangan mereka sehingga mereka meyakini bahwa samudera itu terletak di tempat yang sangat jauh dan sulit terjangkau. Yang memerlukan perjalanan panjang untuk mencapainya.

Dalam proses pencarian tersebut, mareka berjumpa dengan seekor ikan tua yang bijaksana. Ikan tua bertanya kepada sekalompok ikan muda yang mencari samudera, “Mau kemana kalian, saya lihat kalian seperti para pengembara”.

“Benar Pak Tua, kami adalah para pengembara” jawab salah seekor ikan muda.

“Apa yang ingin kalian cari dalam pengembaraan ini?” tanya ikan tua

Mereka serentak menjawab, “Kami mencari samudera.”

Ikan tua tertawa mendengar jawaban ikan-ikan muda. Kemudian ikan muda bertanya kepada ikan tua, “Kenapa Anda tertawa, Pak Tua?”.

Ikan tua dengan masih tertawa menjawab, “Samudera yang kalian cari itu ada disini, kalian semua sedang berada di dalam samudera.”

Sekelompok ikan muda yang mencari samudera merasa tersinggung dengan jawaban ikan tua, salah satu dari mereka membentak ikan tua, “Hai Pak Tua, yang anda tunjuk ini bukan samudera tapi air, orang bodoh pun tahu kalau ini air bukan samudera yang kami cari adalah samudera”.

Kemudian Ikan tua menjelaskan, “Kalau kalian mencari samudera maka kalian sampai kapan pun tidak dapat, kecuali kalian mengetahui hakikat dari samudera itu”.

“Apa hakikat dari Samudera itu Pak Tua?”

“Hakikat dari samudera itu adalah air, isinya adalah air, kumpulan air yang luas itulah yang dinamakan samudera. Bangsa kita hidup di dalam air yang merupakan bagian darisamudera”.

Ikan muda tercengang mendengar penjelasan dari Ikan Tua, sebuah penjelasan yang belum pernah di dapat semasa mereka di sekolah. Dengan penasaran salah seorang ikan muda bertanya, “Dari mana Pak Tua mengetahui Ilmu Tentang Hakikat Samudera?”

Ikan Tua menjawab, “Dari Guru saya, Beliau adalah Wali Samudera!”.

Kemudian ikan-ikan muda saling berpandangan satu sama lain, dalam hati mereka berkata, “Inilah yang kami cari selama ini, seorang Guru yang bisa membuka rahasia keabadian, rahasia samudera”. Mereka kemudian berkata, “Izinkan kami berguru pak Tua, bawalah kami kepada Wali Samudera agar kami bisa mengetahui lebih banyak lagi tentang Samudera”.

Syukur ikan-ikan muda tersebut mau menerima perbedaan, mau menerima hal yang diluar pengetahuan mereka sehingga mau merenungi ucapan Ikan Tua Yang Bijaksana. Biasanya ikan muda yang sibuk mencari samudera akan langsung mengatakan sesat kepada Ikan Tua Bijaksana atas ucapan yang tidak sesuai dengan apa yang di yakini selama ini.

Sama halnya dengan ikan, manusia pun dalam proses mencari Tuhan harus mengetahui terlebih dulu hakikat Tuhan. Tentu saja harus ada yang memberitahukan dan membimbing, yaitu Guru yang sudah mempunyai pengetahuan luas tentang itu. Kalau tidak maka pencarian akan sia-sia, sepanjang hidup tidak akan pernah berjumpa, walaupun yang dicari sebenarnya dia diami. (inilah/pahamilah)


Similar Videos

0 comments: