Minggu, 05 Oktober 2014

Swedia Akui Negara Palestina, Israel Berang

Avigdor Lieberman, Menlu Zionis Israe

Pahamilah.com - Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman pada Sabtu (4/10/14) mengatakan bahwa rezim Tel Aviv akan memanggil duta besar Swedia untuk memprotes pengakuan Stockholm terkait Palestina.

Lofven mengumumkan dalam pidato pelantikannya di parlemen Swedia pada hari Jumat (3/10). Langkah tersebut akan dipandang sebagai pukulan diplomatik besar bagi Israel.

Lieberman lebih lanjut mengatakan perdana menteri Swedia sudah "tergesa gesa" membuat deklarasi mengenai negara Palestina.

Tzahi Hanegbi, wakil menteri Israel untuk urusan luar negeri, juga mengecam pengumuman Lofven dan mengatakan langkah tersebut akan menghambat perundingan damai antara Israel dan Palestina.

Pada hari Jumat (3/10), perunding senior Palestina Saeb Erekat menyambut pernyataan Lofven dan berkata, "Kami berharap semua negara-negara Uni Eropa akan mengambil keputusan berani dan luar biasa yang sama ... karena tidak ada alasan untuk tidak mengakui negara Palestina."

Palestina sedang berusaha menciptakan sebuah negara merdeka di wilayah Tepi Barat, Timur al-Quds, dan Jalur Gaza serta menuntut Israel menarik diri dari wilayah Palestina yang diduduki. (islamtimes/pahamilah)