Jumat, 25 Juli 2014

Dewan HAM PBB Akan Selidiki, Netanyahu Ngamuk

(Korban Zionis Israel)

Perdana Menteri Israel,Benjamin Netanyahu murka atas rencana Dewan HAM PBB untuk menyelidiki pelanggaran HAM yang dilakukan Tel Aviv di Jalur Gaza.

Netanyahu menyatakan kemarahannya pada Kamis (24/7/14) dalam sebuah konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond di al-Quds (Yerusalem).

"Ini parodi keadilan...ini sebuah parodi akal sehat, ini parodi kebenaran," kata Netanyahu.

Pernyataan itu disampaikannya setelah Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHRC) mengirim misi pada Rabu (23/7) untuk menyelidiki kejahatan perang Israel di Gaza.

Netanyahu sekali lagi menyalahkan kelompok-kelompok perlawanan Palestina, termasuk Hamas, atas kematian warga sipil Palestina.

Sementara itu, Hammond yang melakukan kunjungan resmi pertama sejak 10 hari menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris, menyatakan dukungan Inggris pada hak Israel untuk mempertahankan diri.

Ia juga menyatakan, Hamas bertanggung jawab dalam kekerasan yang dialami Gaza saat ini.

Keputusan UNHRC itu diambil setelah  Navi Pillay mengatakan ada "kemungkinan kuat" bahwa Tel Aviv melanggar hukum internasional dalam operasi militer terhadap Gaza.

Rezim Israel menuai kutukan keras di seluruh dunia atas serangan kejamnya terhadap penduduk sipil Gaza, yang telah menewaskan 760 orang lebih dan melukai ribuan lainnya (islamtimes/pahamilah)