Jumat, 08 Agustus 2014

Gedung Putih: AS Tidak Akan Serang ISIS di Irak

Barack Obama - Presiden AS

Pahamilah.com - Sekretaris Pers Gedung Putih, Josh Earnest menolak rencana Washington untuk menyerang teroris di Irak sambil mengatakan, AS tidak punya solusi militer terhadap ancaman ISIS di negara ini.

"Tidak ada solusi militer Amerika terhadap masalah-masalah di Irak," kata Earnest pada wartawan, Kamis (7/8/14).

"Masalah-masalah ini hanya dapat diselesaikan dengan solusi politik Irak."

Ia menambahkan, Washington akan memilih aksi militer jika kepentingan AS berada dalam bahaya.

The New York Times melaporkan pada Kamis (7/8) bahwa Presiden AS Barack Obama sedang mempertimbangkan serangan udara di Irak utara di mana ribuan warga terlantar di gunung tandus tanpa makanan atau air akibat ancaman ISIS.

Dalam pertemuan dengan tim keamanan nasional di Gedung Putih, Obama menimbang serangkaian pilihan mulai dari memberi bantuan kemanusiaan di Gunung Sinjar hingga serangan militer yang menargetkan teroris ISIS.

"Mungkin ada bencana kemanusiaan di sana," kata seorang pejabat pemerintah pada Times sambil menambahkan bahwa keputusan Obama mungkin muncul "dalam waktu dekat."

Teroris ISIS  meneror seluruh masyarakat, termasuk Syiah, Sunni, Kurdi, Kristen, Yazidi dan lain-lain seiring gerakan mereka di Irak.

Kedua pejabat Gedung Putih dan Pentagon sebelumnya telah menunjukkan bahwa Amerika tidak akan mengambil tindakan militer di Irak sampai Perdana Menteri Nouri al-Maliki mengundurkan diri. (islamtimes/pahamilah)