Senin, 01 September 2014

Soal Hamas, Inilah Ajakan Israel Kepada Negara Arab

Yair Lapid 

Pahamilah.com - Menteri Keuangan Israel Yair Lapid Ahad (31/8) mengatakan, Israel  dan beberapa negara Arab seharusnya bekerja sama dalam membangun kembali Gaza serta melucuti persenjataan Hamas yang telah menguasai daerah ini. Pernyataan ini juga muncul hampir sepekan setelah mencapai kesepakatan gencatan senjata setelah hampir dua bulan berperang.

"Kita butuh konferensi regional bersama Mesir, Arab, dan negara-negara padang pasir. Konferensi tersebut harus fokus pada satu hal, yaitu memastikan rehabilitasi berjalan bersamaan dengan demiliterisasi," kata Lapid.

Tidak jelas bagaimana rencana Lapid untuk melakukan demiliterisasi Hamas. Hamas sendiri mengatakan tidak akan menyerahkan senjatanya. Belum jelas pula bagaimana reapon dari negara-negara Arab yang dimaksud. Lapid tidak menjelaskan adanya negara yang telah berunding tentang hal ini.

"Ini tuntutan yang bodoh dan tak ada satupun rakyat Palestina akan menyetui usul ini. Senjata kami digunakan untuk melindungi rakyat kami. Dan hak ini dilindungi oleh Tuhan dan hukum manusia," kata juru bicara Hamas di Gaza, Mushir al-Masri.

Hamas dan kelompok militan lain di Gaza meluncurkan 4.591 roket dan peluru ke Israel selama perang. Sementara itu, Israel menyerang 5.226 "target" di Gaza. Kedua belah pihak akan mengadakan diskusi tidak langsung di Mesir bulan depan.  (republika/pahamilah)