Minggu, 03 Agustus 2014

30 Negara Akan Menghadiri Pertemuan NAM tentang Palestina di Teheran

 (Reruntuhan rumah warga Palestina, akibat serangan brutal Zions Israel)

Pahamilah.com - Pejabat lebih dari 30 negara akan mengambil bagian dalam pertemuan satu hari para menteri luar negeri dari Komite Palestina Gerakan Non-Blok (GNB) di Teheran, seorang diplomat Iran mengatakan.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Hukum dan Internasional, Sayyid Abbas Araqchi mengatakan pada hari Minggu (3/8/14) bahwa 13 negara anggota komite Palestina NAM, yaitu Palestina, Aljazair, Mesir, Senegal, Afrika Selatan, Zimbabwe, Zambia, Malaysia, Indonesia, Bangladesh, India, Kolombia dan Kuba, adalah diantara peserta pertemuan yang akan diadakan di ibukota Iran pada hari Senin (4/8).

"Sekitar 20 negara lainnya dari Afrika dan Asia juga akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut," tambahnya.

Beberapa negara akan menghadiri pertemuan pada tingkat menteri luar negeri dan beberapa negara lain pada tingkat wakil menteri luar negeri, kata Araqchi.

Pemerintah persatuan Palestina akan diwakili oleh menteri luar negerinya, Riyad al-Maliki, sementara Mesir akan akan diwakili oleh wakil menteri luar negeri nya, pejabat itu menunjukkan.

Dia lebih lanjut mencatat bahwa meninjau perkembangan di Jalur Gaza yang terkepung dan kejahatan rezim Zionis di wilayah Palestina akan menjadi agenda dari pertemuan itu sementara pernyataan akhir akan berisi solusi.

Pesawat-pesawat tempur dan tank Israel telah menggempur berbagai situs di Jalur Gaza dan membunuh warga tak berdosa dari daerah kantong Palestina miskin sejak 8 Juli. Serangan udara, laut dan darat sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 1.830 warga Palestina dan melukai lebih dari 9.300 lainnya. (islamtimes/pahamilah)