Minggu, 03 Agustus 2014

Sekjen PBB Kutuk Serangan Terbaru Penjajah Israel di Gaza

(Sekjen PBB Ban Ki Moon)

Pahamilah.com - Penjajah Israel berada di bawah tekanan kritik pedas dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Uni Eropa dan beberapa negara di seluruh dunia terkait gencatan senjata di Gaza.

Di New York, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon mengutuk Angkatan Pertahanan Penjajah Israel atas serangannya di dekat sebuah sekolah UNRWA di Gaza. Sedikitnya 10 warga Palestina dilaporkan tewas dalam tindak pidana tersebut.

"Serangan itu merupakan satu lagi pelanggaran berat lainnya yang melanggar hukum HAM, kegilaan ini harus segera dihentikan," kata Ban seperti dilansir dari Times of Israel, Ahad (3/8).

Warga sipil Palestina, lanjutnya, membutuhkan perlindungan dari staf PBB dan gedung-gedung PBB yang berada di sana. Tempat penampungan PBB, merupakan zona aman dan bukan zona tempur. Pasukan Pertahanan Israel, berulang kali telah diperingatkan tentang lokasi tersebut.

Ban menegaskan serangan Israel ini, berserta pelanggaran hukum internasional lainnya, harus segera diselidiki tentang mereka-mereka yang harus bertanggung jawab.

Ban menyatakan kekecewaannya atas eskalasi kekerasan mengerikan dan hilangnya ratusan nyawa warga sipil Palestina sejak gencatan senjata dilayangkan awal Juli lalu. "Pertempuran hanya memperburuk krisis kemanusiaan dan kesehatan di Gaza," ujarnya. (republika/pahamilah)